Ketua DPRD sidak ke Puskesmas Girimulyo I

Ketua DPRD Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Akhid Nuryati melakukan inspeksi mendadak di Puskesmas Girimulyo I.

Dalam inpeksi tersebut, Ketua DPRD Kulon Progo Akhid Nuryati mendapat laporan dari Kasubag Puskesmas Girimulyo I Rina Ernawati bahwa infrastruktur gedung Puskesmas Girimulyo I tidak sesuai spesifikaai untuk memberikan pelayanan kepada pasien, mulai dari jalan menuju IGD tidak standar, pintu setiap poli tidak bisa untuk masuk kursi roda hingga bagunan tidak ramah anak.

Selain itu, Ketua DPRD meninjau gedung Puskesmas Girimulyo I mendapati plafon puskesmas ambrol dan membahayakan keselamatan pasien atau pengunjung. Bahkan penampungan air yang ditempatkan di atas ruang IGD juga membahayakan pasien karena berpotensi ambrol.

Temuan selanjutnya, akses mobil ambulance tidak bisa masuk langsung ke depan pintu IGD karena jalan sempit. Bahkan ranjang pasien sulit didorong karena kemiringan jalan menuju IGD sangat menukik.

Pada masa pandemi COVID-19 ini, pasien Puskesmas Girimulyo I tidak bisa melakukan social distencing. Petugas kesehatan juga kesulitan menantau pasien yang keluar masuk tanpa melakukan pemeriksaan kesehatan.

Politisi perempuan PDI Perjuangan dari Daerah Pemilihan I (Wates, Panjatan dan Temon) ini akan langsung menindaklanjuti dengan Komisi IV dan Komisi III.

"Kami minta Komisi IV dan Komisi III untuk membahasnya dengan Dinas Kesehatan atas permasalahan ini supaya tidak mengganggu pelayanan kepada pasien," katanya. (Humas DPRD Kulon Progo/PHS)