SEJARAH DPRD KABUPATEN KULON PROGO

SEJARAH DPRD KABUPATEN KULON PROGO

 

       Penetapan Keputusan DPRD tentang Hari Jadi DPRD Kabupaten Kulon Progo dilaksanakan dalam rapat Paripurna pada tanggal 31 Juli 2019. Dalam Rapat Paripurna tersebut ditetapkan bahwa Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo adalah tanggal 19 Januari 1953. Hari Jadi DPRD ditetapkan setelah melalui rangkaian penelusuran dan rapat-rapat panitia khusus baik itu secara internal maupun mengundang ahli sejarah beserta tokoh sesepuh Kulon Progo. Berikut adalah salah satu kutipan sejarah yang menjadi dasar penetapan Hari Jadi DPRD:

 

       "Mosi diajukan pada tanggal 23 September 1952 oleh Dewam Rozi (Partai Masyumi), Sastro Wardoyo (Partai Masyumi), Tjokrodihardjo (PDIP), dan Notosudarmo (PDIP). Keempatnya mangajukan mosi tentang desakan kepada pihak yang berwajib agar supaya pemerintah dan selakas-lakasnya membereskan penggabungan kedua kabupaten dengan mengambil jalan: disatukannya DPRD Kabupaten Adhikarto dan Kabupaten Kulon Progo dan diaktifkannya kembali sampai terdapat pembentukan DPRD Baru, dan membentuk DPR Baru dengan cara UU No. 7 Tahun 1950.

       Selanjutnya pada tanggal 19 Januari 1953 pukul 16.15 ada pertemuan Panitia Kecil peruusan Mosi Dawam Rozy yang bergabung dengan partai-partai, organisasi-organisasi dan jawatan-jawatan di Wates. Pada pertemuan tersebut menghasilkan Pengaktifan kembali DPR serta segera mengadakan Pemilihan Umum