KOMISI I SIDAK PELAYANAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19

Komisi I DPRD Kabupaten Kulon Progo melaksanakan operasi mendadak (sidak) di Kalurahan Ngentakrejo pada Kamis, 10 Desember 2020. Sidak kali ini terkait pelayanan masyarakat dimasa pandemi Covid 19. Ada beberapa permasalah dilapangan yang ditemui oleh Komisi I DPRD, terutama beberapa pelayanan administrasi kependudukan yang sempat tertunda.

Lurah Ngentakrejo, Sumardi, yang menemui Komisi I DPRD, menyampaikan bahwa akibat dari ditutupnya kantor Dukcapil Kulon Progo akibat adanya pegawai yang terpapar Covid-19, aktivitas pelayanan pembuatan akta kelahiran dan akta kematian sempat diundur sampai 1 bulan lamanya. 

Selain permasalah administrasi kependudukan, Sumardi juga mengatakan masyarakat di Kalurahannya berkeluh kesah bahwa sarana pendukung pemulasaran jenasah khususnya APD (alat pelindung diri) masing kurang bahkan tidak ada. Hal ini dikarenakan kalurahan belum mempunyai anggaran khusus untuk penyediaan APD. 

"Warga masih enggan hadir dalam pemulasaran jenasah akibat Covid-19, karena masih terkendala ketersediaan APD" ucap Sumardi. 

Dalam pemantauan ini, Komisi I DPRD yang dipimpin oleh Drs. Suharto memaparkan bahwa beberapa kalurahan memang masih ada yang belum memiliki anggaran untuk pencegahan Covid-19. "Masih terkendala kemampuan anggaran masing-masing kalurahan" ujar Suharto. (YA2020)