KOMISI II DPRD : BUMDES PERLU INOVASI USAHA

Dalam rangka mendorong dan melakukan pengawasan terhadap kebijakan optimalisasi BUMDES, Komisi 2 DPRD Kabupaten Kulon Progo melakukan sidak (operasi mendadak) ke unit usaha BUMDES Jati Unggul kalurahan Jatirejo Lendah Kulon Progo pada Rabu, 16 Desember 2020. BUMDES di Jatirejo ini mempunyai terobosan luar biasa yaitu membuat usaha kuliner dalam rangka mengangkat kesejahteraan lokal dan peningkatan PAD Kalurahan dengan membuat Resto yang bernama Cubung resto.

Ketua komisi 2 Priyo Santoso, SH memberikan apresiasi terhadap terobosan yang di lakukan oleh BUMDES di Lendah ini setelah sukses membuat unit usaha di bidang jasa keuangan , jasa pengemasan beras ketiga membuat usaha kuliner Cubung Resto.

Kedepan lokasi ini bisa di buat beberapa usaha lain seperti bumi perkemahan, sentra UMKM, wisata keluarga, wisata alam dan lainnya mengingat lokasi seluas 6 hektar yang berupa dataran dan tebing di pegunungan.

Selain itu Komisi 2 berharap agar OPD teknis untuk bisa membantu komunikasi dan pendampingan BUMDES kepada pihak lain yang tidak mengikat untuk kemajuan BUMDES seperti forum CSR atau NGO lainnya.

Komisi 2 merekomendasikan kepada OPD teknis untuk trus mendampinggi dan memberikan reward kepada BUMDES yang punya inovasi usaha sehingga akan bisa memberikan motivasi bagi BUMDES lainnya.

Sedangkan direktur BUMDES Jati Unggul, Shinta menyampaikan bahwa usaha ini murni di kembangkan dari SDM dan potensi Lokal yabg ada sehingga rasa bela beli terhadap potensi lokal sangat diutamakan. (YA2020/AL)