KETUA DPRD HADIRI ACARA PANEN RAYA PADI DI "PRONOSUTAN UBUD'E JOGJA"

Ketua DPRD Kulon Progo hadir dalam acara Wiwitan dan Panen Raya Padi bersama Bupati Kulon Progo pada Rabu (7/1/2021) di Bulak Sawah Pronosutan, Kapanewon Nanggulan. Selain acara panen, hari ini dicanangkan kawasan pertanian di Pronosutan menjadi kawasan Pariwisata terpadu dengan  nama "Pronosutan Ubud-e Jogja”.

Dalam acara ini, Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo juga mengucapkan selamat kepada para petani di Bulak Sawah Pronosutan Kalurahan Kembang Kapanewon Nanggulan, yang telah mengelola lahan sawahnya, sehingga berhasil dan dapat dipanen pada saat ini. ”Patut kita apresiasi bersama, karena telah memberi kontribusi nyata terhadap upaya peningkatan produksi padi dan penyediaan pangan di Kabupaten Kulon Progo, sehingga setiap tahun terdapat surplus beras rata-rata 30 000 - 45 000 ton” ucap Sutedjo.

Wiwitan sendiri artinya adalah ritual persembahan tradisional masyarakat Jawa sebelum panen padi dilakukan. Ritual itu dilakukan sebagai wujud terima kasih dan rasa syukur kepada bumi sebagai sedulur sikep, dan Dewi Sri ( Dewi Padi) yang mereka percaya menumbuhkan padi sebelum panen. Disebut sebagai ‘wiwitan’ karena arti ‘wiwit’ adalah ‘mulai’, memotong padi sebelum panen diselenggarakan.

Selain itu, Bupati juga menyampaikan bahwa “Pronosutan Ubud-e Jogja” akan menjadi kawasan pusat pertumbuhan ekonomi dengan berbasis wisata pertanian, perdagangan dan jasa  pendukung lainnya,  sehingga akan meningkatkan pendapatan  masyarakat sekitar. (YA2021)