ZIARAH DAN ANJANGSANA DALAM RANGKA PERINGATAN HARI JADI DPRD KULON PROGO KE-68

Dalam rangka memperingati Hari Jadi DPRD Kulonprogo ke 68, para anggota legislator setempat melakukan kegiatan ziarah dan anjangsana ke kediaman mantan bupati Kulonprogo. Kegiatan yang berlangsung secara sederhana itu dilaksanakan pada Selasa (12/1/2021) pagi.

Seluruh anggota DPRD yang berjumlah 40 orang sebelumnya telah dibagi menjadi delapan kelompok. Sebanyak tujuh kelompok berziarah ke makam mantan bupati, antara lain KPH Suryaningrat (1951-1959); R. Projo Suparno (1959-1962); R. KRT. Kertodiningrat (1963-1968); R. Sutejo (1969-1975); R. Suparno (1975-1980); KRT Wijoyo Hadiningrat (1981-1991) dan Drs. H. Suratdtijo (1991-2001).

Satu kelompok lagi yang dipimpin Wakil Ketua II DPRD Kulonprogo, Lajiyo Yok Mulyono mengunjungi Toyo Santoso Dipo, mantan Bupati Kulonprogo, periode 2001-2011. Rombongan tersebut bertandang ke rumah Toyo di wilayah Tayuban, Kapanewon Panjatan.

  Foto: Wakil Ketua II dan Anggota DPRD bersama H. Toyo Santoso Dipo dan Istri

"Kedatangan kami di sini yang pertama adalah untuk silaturahmi, selanjutnya menyampaikan DPRD Kulonprogo sudah menginjak usia 68 tahun, sehingga kami meminta doa dari Bapak Toyo agar ke depan kinerja kami bisa lebih baik dan bermanfaat untuk masyarakat," kata Lajiyo saat menyampaikan maksud kedatangannya kepada Toyo, Selasa pagi.

Rombongan wakil rakyat ini disambut hangat oleh tuan rumah. Selama hampir dua jam, perwakilan anggota mengobrol tentang berbagai hal, khususnya soal perkembangan Kulonprogo saat ini. Dalam kesempatan itu Toyo juga mengenang saat dirinya masih menjabat sebagai bupati.

Di penghujung pertemuan, Toyo menyampaikan selamat kepada DPRD Kulonprogo atas hari jadi ke 68. Ia berharap DPRD Kulonprogo bisa bekerja lebih baik lagi dan mampu mengawal pembangunan di Bumi Menoreh.

Ketua DPRD Kulonprogo Akhid Nuryati mengatakan ziarah dan anjangsana merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari jadi DPRD Kulonprogo ke 68. Selain hari ini kegiatan serupa juga akan dilakukan ke tempat mantan Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo pada Jumat (15/1/2021). "Khusus pak Hasto, karena jabatannya saat ini Kepala BKKBN maka ada jadwal sendiri," ucap Akhid.

Foto: Ketua DPRD, Akhid Nuryati, SE saat doa bersama sebelum berangkat ziarah dan anjangsana ke mantan Bupati Kulon Progo

Di samping ziarah dan anjangsana, rangkaian hari jadi ini juga meliputi lomba foto destinasi wisata antar fraksi DPRD Kulonprogo. Tujuannya untuk mempromosikan potensi wisata lokal. Lomba ini mengambil tema Sinergi untuk mengatasi pandemi dan terpadu untuk Kulonprogo maju.

Selanjutnya digelar rapat paripurna hari jadi DPRD Kulonprogo yang akan disiarkan secara virtual pada 19 Januari mendatang. "Kemudian ada pemberian apresiasi kepada Lurah dan Panewu yang tingkat pembayaran pajak PBB-P2 nya tepat atau disiplin. Hal ini merupakan bagian dari memotivasi dan mengapresiasi kerja mereka," ucapnya.

Karena dihelat di tengah pandemi, Akhid memastikan rangkaian kegiatan itu berlangsung sesuai protokol kesehatan.
"Jika tahun lalu berlangsung cukup meriah karena belum ada covid-19, maka untuk tahun ini berlangsung terbatas dengan protokol kesehatan, meski begitu tidak mengurangi makna dari hari jadi," ujarnya.

Melalui hari jadi, DPRD Kulonprogo ingin menyosialisasikan lembaga ini kepada masyarakat agar mereka juga mempunyai rasa memiliki atau handarbeni terhadap DPRD. Tujuan lainnya adalah untuk memotivasi anggota DPRD Kulonprogo agar bekerja sesuai dengan tupoksinya bersama pemkab. (JRD).