Studi banding Bansos, DPRD Kabupaten Magelang Kunjungi Kulon Progo

Rabu, 31 Januari 2018 22:57:24 - Oleh : Humas

Komisi IV DPRD Kabupaten Magelang mengadakan studi banding di Kulonprogo terkait bantuan sosial dan kesejahteraan rakyat, Rabu (31/1). Mereka bermaksud mencari informasi  terkait pengelolaan bantuan sosial yang dalam pelaksanaannya menemui banyak kendala dan permasalahan. Studi banding diterima perwakilan Komisi IV DPRD Kulon Progo, Upiya Al Hasan.

Ketua Komisi IV DPRD Magelang, Miftahul Huda, menanyakan perihal  perlakuan kepada warga masyarakat yang tidak tercover dalam BPJS dan jaminan kesehatan, serta mekanisme penyaluran bantuan sosial di Kulon Progo. Dalam tanggapannya Upiya menyampaikan bahwa salah satu proyek yang tengah dilaksanakan dalam pelayanan kesehatan salah satunya proyek multi years senilai 270 milyar, yang digunakan dalam pembangunan dan peningkatan fasilitas RSUD Wates.  

Studi banding juga menghadirkan OPD terkait, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Dinas Kesehatan menjelaskan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarat di Kulon Progo antara lain Jaminan kesehatan daerah, JKN KIS, Puskesmas  terakreditasi, menjadikan Puskesmas sebagai BLUD non profit, bangunan puskesmas dengan standar Kementerian Kesehatan, dan dalam SOTK baru jabatan Kepala Puskesmas dan Direktur RSUD dipegang fungsional dokter.

Dinas Sosial dalam penjelasannya terkait bantuan sosial,  menyampaikan Kulon Progo saat ini membuat album kemiskinan yang berisi data-data penduduk miskin di Kulon Progo berdasarkan parameter-parameter tertentu. Untuk realisasi, diantaranya melalui program bedah rumah Tidak Layak Huni, mengeluarkan Surat Keterangan Tidak Mampu untuk mendapatkan Jamkesos, pemberian bantuan sosial bagi lansia miskin, kaum difabel, warga miskin absolut, dan Panti Asuhan.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak