Komisi II DPRD Dukung Perbaikan Irigasi Persawahan Jatirejo

Kamis, 8 Februari 2018 00:10:53 - Oleh : Humas

Komisi II DPRD Kabupaten Kulonprogo mendukung atas rencana perbaikan saluran irigasi di persawahan Jatirejo, Lendah. Sebab, selama ini saluran irigasi tersebut menjadi sumber utama sistem pengairan di persawahan seluas kurang lebih 150 hektar.

Permasalahan yang selama ini masih menjadi kendala di areal persawahan yang terletak di sebelah barat Kantor Kecamatan Lendah, yaitu terlalu kecilnya diameter saluran gorong-gorong di tengah persawahan, yang mengubungkan areal persawahan sebelah utara dengan sebelah selatan. Pada saat hujan dengan intensitas tinggi, saluran gorong-gorong tidak mampu mengalirkan air secara lancar, sehingga areal persawahan sebelah utara, tergenang dan menyebabkan banjir. “Pembangunan saluran ini sangat mendesak, karena pada saat hujan deras pada pertengahan Januari kemarin, mengakibatkan banjir yang menggenangi sawah dan sampai ke pemukiman warga,” ujar Kepala Desa Jatirejo, Rustipin saat bersama-sama Sumardi, SE, Sekretaris Komisi II DPRD melakukan sidak di areal persawahan Jatirejo, Lendah, Rabu (7/2).

Ditengah kesibukan sebagian anggotanya mengikuti rapat kerja dengan OPD terkait, Komisi II menyempatkan melakukan sidak untuk menindaklanjuti aspirasi sebagian warga Jatirejo, yang mengeluhkan kondisi saluran irigasi di areal persawahan yang menjadi mata pencaharian mereka. Selain Sumardi, sidak juga diikuti oleh angggota Komisi II, Titik Wijayanti, SE, Ir. Purwantini, dan R. Sri Murdopo, SE.

Setelah melihat langsung kondisi saluran irigasi dan gorong-gorong yang dikeluhkan warga, dan berdialog dengan Kepala Desa Jatirejo, Komisi II meminta agar Pemerintah Desa segera membuat usulan perbaikan gorong-gorong dan saluran irigasi, agar dapat diakomodir pada Perubahan APBD 2018.


« Kembali | Kirim | Versi cetak