DPRD Kulon Progo setujui Perda Tera/Tera Ulang dan Retribusi RPH

Selasa, 13 Februari 2018 02:36:45 - Oleh : Humas
 

DPRD Kulon Progo menetapkan 2 raperda menjadi Perda tentang Penyelenggaraan Tera/tera Ulang dan Retribusi Rumah Potong Hewan (RPH) pada rapat paripurna hari Senin, (12/2). Rapat yang diselenggarakan di ruang Kresna,  DPRD Kulon Progo dipimpin Ketua DPRD, Akhid Nuryati, dihadiri Bupati dan Wakil Bupati serta Kepala-kepala OPD dan instansi vertikal di Kabupaten Kulon Progo.

Rapat diawali dengan Penyampaian Pendapat Akhir Panitia Khusus Pembahas Raperda Penyelenggaraan Tera/tera Ulang. Tujuan dibentuknya raperda yang semula berbunyi penyelenggaraan metrologi legal adalah karena adanya transisi pengelolaaan kewenangan terkait metrologi dari provinsi ke kabupaten/kota. Sedang untuk substansi perda merupakan wujud tugas pemerintah daerah dalam melindungi kepentingan umum dalam hal kebenaran pengukuran serta adanya ketertiban dan kepastian hukum dalam pemakaian satuan ukur, standar satuan, metode pengukuran dan alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya.

Sementara Panitia Khusus Pembahas Raperda Retribusi RPH dalam pendapat akhirnya menyampaikan bahwa maksud dibentuknya perda merupakan amanat UU 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Selain itu keberadaan RPH sangat dibutuhkan untuk menjamin daging yang halal, aman, utuh dan sehat serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

« Kembali | Kirim | Versi cetak