Ketua DPRD Sidak talud Sungai Serang

Kamis, 16 Agustus 2018 14:25:13 - Oleh : Humas Setwan
 

Pembangunan talud Sungai Serang diminta diprioritaskan

 Rabu sore tanggal 15 Agustus 2018 pukul 15.30 wib, Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo melakukan Sidak ke Dusun Salam I, Desa Plumbon, Kecamatan Temon terkait Pembangunan talud Sungai Serang.

 Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Akhid meminta pemenang lelang revitalisasi Sungai Serang dan anak-anak sungai memprioritaskan pembangunan talud Dusun Salam I, Desa Plumbon, Kecamatan Temon, karena tanggul terancam jebol bila ada hujan deras.

 Beliau Rabu, mengatakan tanggul anak Sungai Serang di Dusun Salam I tinggal 50 centimeter, bila ada hujan deras akan jebol dan air bisa masuk ke pemukiman padat penduduk.
     
 "Saat ini, Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) sedang melakukan revitalisasi Sungai Serang dan anak-anak sungai yang dilakukan secara bertahap. Tahun ini, ada enam titik, salah satunya di Dusun Salam I, Desa Plumbon. Kami berharap di Dusun Salam I ini diutamakan karena sangat mengancam kawasan pemukiman padat penduduk,"

 Ia mengatakan anak Sungai di Dusun Salam I sudah lama tidak dilakukan perbaikan atau perawatan. Untuk itu, kondisi talud yang rusak parah harus disikapi segera.

 Akhid mengatakan pihaknya telah mengundang petugas dari Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP), pihak konsultan dan pihak ketiga pemenang lelang.

  "Saat koordinasi, mereka sepakat akan mendahulukan pembangunan talud anak Sungai Serang di Dusun Salam I, Desa Plumbon. Tanggul di wilayah ini juga sangat berbahaya bila dilewati masyarakat yang akan mencari rumput," katanya.

 Selain di Dusun Salam I, lanjut Akhid, kerusakan talud juga terjadi di Dusun Dabak, Desa Plumbon sepanjang satu kilometer. Dua tahun terakhir, warga secara swadaya membenahi talud yang rusak dengan menanam bambu. Namun, tetap membahayakan bagi warga dan kawasan permukiman di wilayah itu.

 "Kami sudah meminta kepala Desa Plumbon untuk membuat proposal untuk perbaikan talud," katanya.

 Wakil Manajer PT Jaya Kontruksi Rohmad mengatakan pihaknya sebagai pemenang lelang revitalisasi Sungai Serang dalam waktu dua minggu ini, akan membuat desain talud dan mengukur ulang anak Sungai Serang ini. Setelah itu, ia mentargetkan akan dibangun awal September dan selesai akhir September.

  "Kami akan segera membangun talud anak Sungai Serang ini setelah ada pengukuran ulang. Kami menyadari kondisi talud Dusun Salam I sangat membahayakan, khususnya saat hujan deras karena mengancam kawasan permukiman padat penduduk," katanya.

« Kembali | Kirim | Versi cetak