Pembinaan BUMDes Perlu Ditingkatkan

Jum`at, 25 Januari 2019 14:10:57 - Oleh : Admin

Pembinaan di bidang manajemen bagi 88 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kulonprogo perlu ditingkatkan secara serius. Sebab, kondisi dan kemampuan setiap BUMDes belum merata. Ada beberapa BUMDes yang ditengarai perkembangannya relatif lambat. 

Demikian dikatakan anggota Komisi II DPRD Kulonprogo Suharmanto SPd MM, Jumat (25/1) setelah sehari sebelumnya melakukan kunjungan lapangan di BUMDes ‘Arta Sejahtera’ Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang. Kunjungan lapangan dipimpin oleh ketua Komisi II H Sarkowi.

Dinas pengampu kegiatan, tambah Harmanto, perlu melaksanakan pembinaan secara intensif agar kemampuan masing-masing BUMDes lebih merata. Sehingga, kata dia, semua BUMDes bisa berperan secara maksimal dalam peningkatan kesejahtraan masyarakat desa serta dapat meningkatkan pendapatan desa secara optimal.

“Dari pengamatan Komisi II ada beberapa BUMDes yang perkembangannya sangat baik. Namun tidak sedikit pula yang sangat lambat,” tandas Harmanto.

Menurut politisi PKS tersebut, dengan adanya dana pendampingan yang dialokasikan dari APBDes mulai tahun ini, pengembangan BUMDes cukup terbantu. Oleh karenanya, kata dia, penganggaran dana itu perlu terus dilakukan. Kalau memungkinkan perlu ditambah agar pembinaan bisa dilakukan lebih intensif, imbuhnya.

Lebih jauh Harmanto menuturkan, untuk menyetarakan kemampuan BUMDes di Kulonprogo perlu dipilih BUMDes terbaik yang kemudian dijadikan pilot project. BUMDes tersebut nanti bisa menjadi percontohan bagi BUMDes yang lain. Terutama untuk pembinaan manajemen dan pengelolaan keuangannya, imbuh politisi asal Pengasih tersebut

“Sebagai jelmaan dari Lembaga Mikro Keuangan (LKM) yang pendiriannya sudah cukup lama, ujar Harmanto, seharusnya BUMDes di Kulonprogo kondisinya lebih baik dari daerah lain,” kata Harmanto.

« Kembali | Kirim | Versi cetak