Warga Harus Aktif Usulkan Rehabilitasi RTLH

Rabu, 6 Februari 2019 09:41:13 - Oleh : Admin
Gusdi Hartono ST MT  

Kepala DPUPKP Kulonprogo Gusdi Hartono ST MT mengatakan, setiap tahun, DPUPKP Kulonprogo merehabilitasi sedikitnya 1.000 unit rumah tidak layak huni (RTLH). Warga dan pemerintah desa harus aktif mengusulkan RTLH yang harus direhabilitasi.

Hal itu dikatakan Gusdi saat mendampingi ketua DPRD Akhid Nuryati dalam evaluasi dan sosialisasi Perda Nomor Nomor 9 Tahun 2017 tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh, Senin (4/2) di Balai Desa Depok, Kecamatan Panjatan.

"Silakan kalau ada warga miskin yang rumahnya tidak layak diusulkan mendapat bantuan untuk direhabilitasi. Usulannya bisa melalui musrembangdes atau secara politis dengan meminta bantuan kepada legislator di DPRD," kata Gusdi.
Ia mengatakan untuk mengantasi kawasan segi emas bencana banjir di Desa Depok, Panjatan, dan Kanoman, pemkab mengusulkan ke BBWSSO untuk pembangunan embung atau bendungan yang bisa menampung air dari hulu. Proyek ini dikerjakan dengan sistem tahun jamak sejak 2017 hingga akhir 2019.
"Kami memandang perlu dibangun embung dan pompa di wilayah selatan untuk mengatasi masalah banjir. Namun perlu mendapat dukungan masyarakat," katanya.

« Kembali | Kirim | Versi cetak