DPRD Mensikapi Bencana Banjir di Kulon Progo

Senin, 18 Maret 2019 16:26:57 - Oleh : Humas Setwan
 

Mensikapi bencana banjir yang ada di Kabupaten Kulon Progo, DPRD Kabupaten Kulon Progo melakukan peninjauan ke beberapa lokasi yang tertimpa bencana banjir. Dari hasil peninjauan tersebut anggota DPRD kemudian menggelar rapat koordinasi pimpinan dan menghasilkan beberapa rekomendasi.
Tanggul Sungai Serang di Desa Bendungan Kecamatan Wates jebol dikarenakan curah hujan tinggi yang terjadi secara terus menerus pada hari Sabtu tanggal 16 Maret 2019 hingga hari Minggu tanggal 17 Maret 2019 dan mengakibatkan bencana banjir yang merendam perumahan warga di sekitarnya.
Anggota dewan yang berdomisili di sekitar lokasi banjir turut serta dalam penanganan bencana dengan menggerakkan masyarakat sekitar untuk bergotong royong membantu warga yang mengungsi. Disamping itu DPRD juga telah berkoordinasi dengan DPU dan BPBD dalam rangka penanganan bencana.
Adapun titik titik lokasi banjir adalah sebagai berikut : Berenan wilayah Desa Bendungan, Desa Bojong, Desa Tayuban, Desa Kanoman, Desa Garongan dan sebagian wilayah Desa Panjatan.
Menurut DPRD, perlu segera dilaksanakan pembuatan posko penanganan bencana, posko pengungsian dan dapur umum serta penanganan sementara dengan membuat tanggul dari karung yang diisi dengan pasir.

Kedepannya, untuk meminimalisir bencana alam serupa, DPRD merekomendasikan kepada Pemerintah Daerah agar melaksanakan normalisasi aliran Sungai Serang dari sedimentasi dan pembersihan tanaman kolonjono dan tanaman lain yang ditanam di pinggiran sungai.
Selanjutkan DPRD juga menekankan perlunya koordinasi dengan Balai Besar Serayu Opak tentang pembangunan bantaran Sungai Serang.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak