Laporan pelaksanaan reses DPRD diparipurnakan.

(Wates) – Setelah melaksanakan reses DPRD pada 23 November 2019 yang lalu, laporan terhadap hasil reses disampaikan melalui rapat paripurna internal pada Senin 09/12/2019. Rapat paripurna yang dihadiri 33 anggota dewan ini beragendakan penyampaian laporan reses oleh fraksi-fraksi DPRD. Rapat paripurna internal ini kemudian dilanjutkan dengan rapat paripurna internal pengumuman keanggotaan panitia khusus (pansus) Pemilihan Wakil Bupati dan Pansus pembahas rancangan Keputusan DPRD tentang persetujuan penghapusan asset.

Dalam sambutan rapat paripurna, Ketua DPRD, Akhid Nuryati, SE menyampaikan bahwa berdasarkan ketentuan pasal 88 ayat (5) Peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2018 tentang Tata Tertib bahwa “Anggota DPRD wajib melaporkan hasil pelaksanaan reses kepada pimpinan DPRD melalui rapat paripurna”.

Dalam penyampaian laporan ini ada beberapa rekomendasi dan saran dari beberapa fraksi DPRD. Fraksi Partai Amanat Nasional memberikan rekomendasi diantaranya terkait pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan terutama di sekitar lokasi tambang, RLTH serta hibah kepada masyarakat dengan daftar tercantum bersama dengan NIK, serta pembangunan drainase lingkungan.

Fraksi PDIP memberikan catatan strategis yaitu setelah keputusan DPRD ini disahkan agar segera berkomunikasi dengan Pemda, melalui rapat kerja untuk menyelaraskan antara RPJMD Tahun 2017-2022 dengan Pokok-pokok pikiran DPRD Tahun 2021. Lebih lanjut Fraksi PDIP juga menekankan agar meletakkan skala prioritas pembangunan di wilayah Kulon Progo, khususnya Kulon Progo Utara.

Setelah rapur internal laporan reses DPRD usai, dilanjutkan dengan rapur internal adalah pengumuman keanggotaan pansus DPRD. Pansus Pemilihan Wakil Bupati diketuai oleh Istana, SH, M.IP dan Pansus Pembahas Rancangan Keputusan DPRD tentang persetujuan penghapusan Aset diketuai oleh Ratna Purwaningsih, S.Pd